Layanan Kontraktor Tata Udara Gedung, Memberikan Kualitas Udara Terbaik

Salah satu aspek penting dalam pembangunan gedung adalah memastikan gedung tersebut memiliki sistem tata udara yang memadai, agar kualitas udara di dalam gedung bisa terdistribusi dengan baik. Oleh karena itu layanan jasa kontraktor tata udara diperlukan untuk menangani seluruh pemasangan alat-alat yang dibutuhkan.

MENGENAL SISTEM TATA UDARA GEDUNG

Sistem tata udara gedung tinggi

Jika Anda berada dalam ruangan di suatu gedung dalam waktu yang cukup lama, kemudian Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ruangan tersebut, bisa saja memang kelembapan udara dan temperatur pada ruangan tersebut tidak sesuai dengan yang tubuh butuhkan.

Maka dari itu, kondisi lingkungan di dalam gedung sebisa mungkin dapat dikendalikan, dengan cara mengatur suhu, kelembapan udara, pola aliran udara, tekanan udara, dan juga sirkulasi udara di dalam ruangan, untuk mendapatkan udara yang berkualitas dan lingkungan kerja yang nyaman. 

Pada kebanyakan gedung, kontraktor biasanya menggunakan sistem HVAC (Heating, Ventilating, and Air Conditioning). Sistem HVAC ini digunakan dalam proses perancangan, pemasangan, dan juga sistem kontrol pada gedung menggunakan pemanas, ventilasi, serta pendingin udara.

Pemanas (Heating)

Sistem pemanas ini biasanya digunakan untuk gedung yang berada di daerah beriklim dingin agar ruangan pada bangunan mendapatkan panas atau penghangat yang tersebar secara merata. Untuk gedung-gedung yang ada di Indonesia pada umumnya tidak menggunakan pemanas ini, akan tetapi masih ada juga beberapa yang menggunakannya untuk membuat temperatur ruangan tetap stabil. Komponen yang digunakan pada sistem ini berupa bioler, furnace, radiator, heat pump, serta hydronic.

Ventilation

Selain pengaturan suhu dalam ruangan, kontraktor juga bekerja untuk memastikan sirkulasi udara di dalam ruangan bisa berjalan dengan lancar. Sistem ventilasi digunakan untuk menyeimbangkan kelembapan ruangan, mengeluarkan debu, membuang asap, bakteri dan bau tidak sedap, dan yang paling penting adalah memastikan ruangan dalam gedung memiliki kualitas udara yang baik.

Sistem ventilasi ini biasanya menggunakan ventilasi mekanis (forced ventilation) yang memanfaatkan penggunaan kipas untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan tertutup.

Air Conditioning (AC)

Sistem Air Conditioning

Untuk gedung yang berada di lingkungan yang memiliki suhu cukup panas seperti di Indonesia, biasanya pihak kontraktor melakukan pemasangan Air Conditioning agar kondisi temperatur di dalam gedung dapat diseragamkan dengan cepat. 

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Di Jakarta

Walaupun begitu, AC yang biasa Anda dipasang untuk rumah berbeda dengan AC untuk gedung. Pada pemasangan AC gedung biasanya menggunakan komponen berupa liquid chiller yang mampu menyerap panas udara dalam volume yang lebih besar, hal ini tentunya akan sangat menghemat banyaknya energi yang dikonsumsi.

MEMILIH KONTRAKTOR TATA UDARA

Pemasangan sistem HVAC harus dilakukan oleh tenaga ahli profesional agar tidak asal dalam pengerjaannya. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih jasa kontraktor yang tepat.

1. Mempunyai perizinan resmi

Hal paling krusial sebelum memilih kontraktor adalah memastikan bahwa kontraktor tersebut telah memiliki izin resmi dan berbadan hukum. Kedua hal tersebut menunjukan bahwa jasa kontraktor HVAC sudah legal dan memiliki tenaga ahli kompeten yang profesional.

2. Mendapatkan testimoni bagus dari customer

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa jasa kontraktor yang akan dipilih melakukan pekerjaannya dengan baik dan hasil akhir yang memuaskan, dengan cara melihat testimoni yang diberikan customer sebelumnya. Pastikan untuk memilih jasa kontraktor yang memiliki testimoni dan review yang baik.

3. Proses pengerjaan yang cepat

Hal lain yang juga penting untuk dijadikan pertimbangan dalam proses pemasangan sistem HVAC terletak pada estimasi waktu pemasangan dan juga dana yang perlu dikeluarkan. Semakin lama waktu pengerjaan maka dana yang diperlukan semakin bertambah. Usahakan untuk memilih jasa kontraktor yang mampu mengerjakan dengan cepat, tetapi tetap memberikan hasil pengerjaan yang berkualitas.

4. Memberikan hasil akhir yang memuaskan

Yang terakhir, Anda perlu mempertimbangkan hasil akhir dari pengerjaan sistem HVAC oleh kontraktor. Pastikan bahwa sistem HVAC yang dipasang mampu memberikan kualitas udara yang baik, dan juga memiliki teknologi inverter untuk menghemat penggunaan listrik di dalam gedung.

Itulah beberapa hal mengenai sistem tata udara yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk memilih kontraktor tata udara terbaik, dan jangan sampai salah pilih.

Leave a Comment