Peci Hitam Menjadi Corong Suara Islam Moderat Indonesia

Posted on

Saat ini, semakin banyak situs atau website yang mengatasnamakan suara islam moderat. Dalam hal ini, Peci Hitam setidaknya menjadi contoh situs yang menyurakan islam moderat tersebut.

Bagi orang NU atau setidaknya mereka yang pernah nyantri di pondok NU, tentu mudah bagi mereka untuk melakukan identifikasi mana yang benar-benar situs yang menyuarakan islam moderat dan mana yang tidak. Mereka tahu mana situs islam moderat sesuai dengan apa yang mereka pelajari di pesantren.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana dengan mereka yang awam mengenai hal-hal yang berbau islam. Mereka yang baru mau mulai belajar islam. Kebanyakan, mereka “tersesat.” Memang tujuan awalnya benar. Yaitu untuk belajar tentang islam. Sayangnya, mereka belajar dari referensi yang salah. Mereka mendapatkan ajaran islam dari situs yang bukan situs moderat.

Maka, bukan hal yang aneh jika banyak orang islam dadakan yang mudah sekali menyalahkan orang islam lainnya. Bahkan, tidak jarang orang yang berani mengkafirkan orang islam lainnya karena satu atau dua perbedaan yang sebenarnya bersifat khilafiyah.

Karena itulah muncul berbagai situs yang dibuat untuk menangkal situs-situs islam yang katanya moderat tapi ternyata tidak. Salah satunya situs Peci Hitam. Ini merupakan situs yang dibuat oleh santri-santri Nahdlatul Ulama.

Sebenarnya, apa yang diajarkan oleh para kyai di pesantren sudah selesai. Akan tetapi, yang menjadi masalah ketika banyak orang yang tidak mau belajar langsung dari pesantren. Mereka ingin hal yang instan, yaitu mencari tahu apapun termasuk keilmuan islam dari internet. Sayangnya kebanyakan situs islami tidak memiliki ideologi ahlus sunnah.

Tidak ada cara lain selain memperluas media dakwah. Pesantren tetap menjadi sumbernya ilmu. Para kyai menyebarkan ilmu tentang islam moderat melalui ceramah. Sementara itu, para santri memiliki ladang dakwah baru, yaitu media internet. Dan Peci Hitam hadir sebagai media yang akan menyuarakan islam moderat ala Indonesia. Dengan ini, diharapkan semakin kecil ruang bagi siapapun untuk belajar dari situs-situs islami radikal.

Incoming search terms:

  • situs pecihitam adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *